5 Tips Bayi Baru Lahir Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari 2020

Healthy Fiber Foods.com - Terbilang tentu pastinya suatu masalah yang satu ini merupakan suatu masalah yang terbilang paling sering terjadi pada seorang bayi yang baru lahir dan akan membuat para orang tua mungkin sering mengeluh akan kurang tidur di malam hari. Suatu kondisi seperti ini juga sering membuat beberapa orang tua yang menjadi akan lebih sensitif dan lebih cepat emosi.

Pada dasarnya sebuah masalah tersebut merupakan sebuah masalah yang terbilang sangat umum dan akan selalu dialami dengan setiap orang tua yang baru memiliki bayi. Dikarenakan bayi yang  baru lahir ini akan selalu menghabiskan hampir semua waktunya hanya untuk tidur saja. Dan biasanya saat bayi sudah berusia 3 hingga sampai 5 bulan ini terbilang akan menghabiskan waktunya sekitaran 5 jam untuk tidur secara berturut-turut.

Apakah Penyebab Bayi Susah Tidur?

Meskipun seorang bayi ini terlihat hanya tidur saja, namun sebenarnya mereka tidak hanya menghabiskan waktunya untuk tiduran saja karena jam tidur seorang bayi ini akan terbagi dalam waktu yang terbilang berbeda-berbeda. Yang mana seorang bayi ini bisa saja untuk tidur hanya beberapa jam saja lalu bangun kembali selama beberapa menit dan kembali tidur lagi.

Seperti yang sudah pernah di bahas pada uraian pada sebelumnya bahwa siklus tidur seorang bayi yang baru lahir ini tidaklah sama seperti siklus tidur pada orang dewasa. Hal ini dikarenakan seorang bayi ini akan lebih banyak untuk menghabiskan waktunya hanya untuk tidur dan hal tersebut juga terbilang sangat penting untuk tumbuh kembangnya.

Penyebab Bayi Rewel Dan Susah Tidur

Selain karena memang siklus seorang bayi yang baru lahir ini tidak sama dengan orang dewasa, ada beberapa sebuah hal yang menjadi suatu penyebab bayi baru lahir ini susah tidur disaat malam hari. Berikut ini merupakan penjelasannya:

Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak di Malam Hari
Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak di Malam Hari

1. Mengajak Bayi Bermain Saat Waktunya Tidur

Suatu penyebab bayi rewel dan susah tidur ini yang pertama adalah dengan mengajaknya bermain sesaat sebelum waktunya untuk tidur. Sebuah kondisi ini juga terbilang sering menjadi penyebab seorang bayi susah untuk tidur nyenyak dikarenakan saat bunda mengajaknya bermain saat sebelum waktunya si kecil untuk tidur nyenyak dikarenakan saat bunda mengajaknya untuk bermain saat sebelum waktunya si kecil tidur maka ia akan ikut larut di dalam kegembiraan saat bunda mengajaknya bermain.

Oleh sebab itu mungkin ada baiknya untuk bunda memperhatikan dan mencatat kapan waktu yang terbilang tepat untuk mengajaknya bermain dan kapan waktu yang terbilang baik untuk ia tidur. Dikarenakan dengan cara tersebut si kecil tidak akan rewel dan tidurnya juga akan lebih berkualitas.

2. Kondisi Tubuh Bayi Yang Terlalu Lelah dan Sebaliknya

Terbilang berbeda dengan orang yang dewasa, saat tubuh seorang bayi sangat lelah maka ia akan sangat susah untuk tidur nyenyak. Selain itu suatu kondisi ini juga akan dapat membuat bayi akan lebih sering terbangun dan akan menjadi lebih rewel dari yang biasanya.

Maka dari itu, sebagai orang tua mungkin ada baiknya untuk menghindari mengajaknya bermain terlalu lama agar supaya tubuh yang mungilnya itu tidak kelelahan. Selain dapat membuatnya lebih rewel, tidur yang tidak berkualitas ini juga bisa membuat sebuah tumbuh kembangnya akan terganggu.

3. Bayi Merasa Lapar

Saat seorang bayi serasa lapar, ia juga akan terbilang sulit untuk bisa tidur dengan nyenyak dan akan membuatnya lebih sering terbangun saat malam hari. Di dalam suatu studi, seorang bayi yang baru lahir ini terbilang lebih banyak membutuhkan sebuah asupan nutrisi. Dan pada umumnya seorang bayi yang baru lahir hingga sampai dengan usia 18 bulan, ini wajib untuk mendapatkan sebuah makan setiap 4 jam dalam sehari atau bisa juga menyesuaikan dengan kemauan si kecil.

Baca Juga: Gizi seimbang pada Balita menurut Depkes RI

4. Jam Biologis Bayi Belum Stabil

Terbilang hampir semua bayi yang baru lahir ini belum memiliki sebuah jam biologis tubuh yang stabil atau benar, hal ini dikarenakan tubuh bayi terbilang masih berkembang dan tubuh bayi akan mulai mendapatkan sebuah jam biologis tersebut saat usianya sudah mencapai 3 hingga sampai 4 bulan. Namun tetapi, terkadang ada beberapa seorang bayi yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa mendapatkan sebuah jam biologisnya tersebut.

Meskipun hal ini mungkin erat kaitannya dengan tumbuh kembang si kecil, namun tetapi bunda masih tetap dapat untuk membantunya beradaptasi juga serta membiasakan dirinya untuk bisa tidur dengan baik. Cobalah untuk membiasakannya dengan bangun dan menidurkannya di waktu yang sama pada setiap harinya.

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Dalam mengatasi bayi yang mungkin susah tidur di malam hari ini memanglah terbilang gampang-gampang susah, namun tetapi jika anda tekun maka car ini tentu pastinya akan berhasil. Berikut ini ada tips untuk mengatasi bayi susah tidur di malam hari.

1. Pilih Lampu yang Redup

Cara untuk mengatasi bayi yang terbilang susah tidur yang pertama adalah dengan menggunakan lampu yang redup di kamarnya. Meskipun terdengar sepele namun tetapi cari ini telah terbukti ampuh untuk membuat sang bayi tidur lebih nyenyak saat malam hari.

2. Pelajari Tanda Si Kecil Saat Mengantuk

Selain dengan cara yang pertama, bunda juga terbilang wajib untuk mempelajari tanda-tanda saat si kecil mengantuk. Ketika bunda telah melihat tanda si kecil mengantuk maka dengan segeralah untuk mengajak ia ke tempat tidur dan usahakan tempat tidurnya ini terbilang tenan dan minim cahaya yang terang.

Dan jika bunda menerapkan cara tersebut dengan secara rutin maka sang bayi akan menjadi terbiasa untuk tidur dengan secara sendirinya dan lebih tepat waktu. Selain itu, biasanya seorang bayi yang mengantuk ini akan di tandai dengan mengcheck bagian mata, menguap dan mata terlihat berair.

3. Mengajak Bermain Saat Siang Hari

Pada biasanya seorang bayi ini akan lebih lelap tidur saat malam hari jika pada siang hari diajak untuk bermain. Ajaklah si kecil bermain dengan sebuah permainan yang ia sukai dan usahakan jangan mengajaknya bermain saat sore hari.

4. Buatkan Jadwal Untuk Si Kecil

Terbilang memang membuat seorang bayi untuk mengikuti sebuah jadwal yang bunda buat ini tidaklah mudah dan juga dibutuhkan upaya kerja keras dan pantang menyerah. Namun tetapi jika berhasil, si kecil ini akan terbiasa untuk mengikuti jadwal yang bunda buat dan bunda tidak akan begadang lagi.

Terapkanlah sebuah jadwal untuk kapan ia harus minum ASI, kapan ia bermain dan kapan waktu yang terbilan tepat untuk ia tidur siang dan malam hari. Lakukan dengan secara perlahan dan rutin hingga sampai si bayi terbiasa dengan jadwal tersebut.

5. Hindari Mengajak Bayi Bermain Saat Ia Baru Bangun

Cara untuk mengatasi sang bayi yang mungkin susah tidur yang terakhir ini adalah dengan cara menghindari untuk mengajaknya bermain saat ia baru bangun. Selain itu hindari juga untuk memberikannya sebuah mainan apapun saat terbangun di malam hari, dikarenakan cara ini akan mengajarkannya kalau malam hari ini bukan saatnya untuk bermain.

Bagaimana, cukup mudah dan gampang bukan untuk cara mengatasi sang bayi yang mungkin susah tidur di malam hari? Dan jika cara-cara di atas terbilang masih belum berhasil maka bunda dapat juga untuk mencoba dengan memijat secara perlahan-lahan pada bagian tubuh sang bayi saat ia terbangun selain karena ia lapar.

Namun tetapi perlu di ingat juga bahwa tidak semua cara untuk mengatasi bayi yang susah tidur di atas terbilang bisa berhasil, dikarenakan masing-masing anak ini mempunyai cara mengasuhnya yang berbeda-beda. Selain karena kondisi seorang bayi, cara mendidik masing-masing orang tua juga berbeda-beda, ada yang suka dan membiarkan sang bayinya terbangun saat malam hari serta ada juga sebagian orang tua yang terbilang tidak ingin bayinya terbangun di malam hari. Sekian informasi yang bisa diberikan, semoga dapat memberikan suatu informasi yang bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Bayi Baru Lahir Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel