7 Bahaya Mencabut Bulu Hidung

Beberapa Bahaya dari Mencabut Bulu Hidung - Bulu hidung memiliki fungsi sebagai filter yang dapat menyaring partikel kecil ketika ingin masuk ke dalam hidung. Partikel-partikel kecil ini bisa berupa suatu bakteri, debu, jamur ataupun polusi yang berbahaya bagi kesehatan. Jika anda mempunyai bulu hidung yang panjang memang akan terasa risih, namun jangan membiasakan melakukan pencabutan bulu hidung karena hal itu bisa menjadikan kamu merasa ketagihan dengan rasa keenakan tanpa mempedulikan akibatnya. Jadi buat Anda yang hobby mencabuti bulu hidung, sebaiknya baca mengenai ulasan tentang bahaya mencabut bulu hidung di bawah ini. Setelah Anda mengetahui resiko mencabut bulu hidung, tentu Anda bisa menghindari pencabutan bulu hidung.

Resiko Mencabut Bulu Hidung




7 Bahaya Mencabut Bulu Hidung yang Harus Anda Ketahui




1. Pendarahan Ringan

Ketika Anda mencabut bulu hidung Anda, maka hal itu sama saja dengan menarik dengan paksa. Hal tersebut dapat menyebabkan pendarahan ringan dalam hidung Anda.

Walaupun bukan termasuk dalam kategori yang parah, akan tetapi hal ini bisa jadi berbahaya jika dari luka tersebut muncul infeksi dan penyakit lainnya.

Setelah pendarahan terhenti, rasa perih yang ditimbulkan oleh luka tersebut akan tetap terasa.

Sehingga ketika ingin membersihkan hidung atau cuman ingin menyentuhnya saja akan terasa sakit dan tidak nyaman.


2. Mengakibatkan Mimisan

Penyebab dari mimisan ini ada banyak sebab, salah satunya ialah mencabut bulu hidung tersebut.

Dalam hidung juga terdapat sebuah pembuluh darah, saat kamu mencabut bulu tersebut dengan keras maka ada kemungkinan merobek pembuluh darah yang ada dalam hidung tersebut yang akhirnya menimbulkan mimisan.


3. Menimbulkan Luka di Dalam Hidung

Bekas dari bulu hidung yang telah dicabut setelah mengering akan menimbulkan bekas luka yang jika terkena infeksi maka akan terasa sangat sakit.

Apalagi pada tahap penyembuhan, karena bisa saja luka tersebut mengalami bengkak.

Beberapa orang bahkan mengeluhkan sulit untuk bernafas karena luka yang timbul tersebut akan terasa perih saat menarik maupun mengeluarkan nafas.


4. Tumbuhnya Ingrown Nose Hair

Bulu hidung yang dicabut akan tergantikan dengan bulu-bulu baru yang akan tumbuh lewat liang roma. Namun tidak menutup kemungkinan bila bulu yang baru tumbuh tersebut untuk tumbuh di dalam lapisan kulit. Hal ini yang umumnya disebut dengan ingrown nose hair.

Bulu yang baru tumbuh tersebut tidak keluar hingga permukaan kulit karena mengalami extrafollicular penetration atau tumbuh masuk ke dalam kulit. Hal yang terlihat sepele ini juga menyebabkan sakit pada area hidung dan bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.


5. Perforasi Septum

Bahaya mencabut bulu hidung selanjutnya ialah bisa menimbulkan perforasi septum yaitu kerusakan yang terjadi pada rongga hidung dan dapat terjadi setelah mencabut bulu hidung.

Kerusakan ini dapat berbentuk berbagai hal seperti bisul kecil, luka ataupun kerak yang terbentuk dari lendir yang mengering yang susah untuk dibersihkan.


6. Mengakibatkan Infeksi

Seperti yang telah disinggung diatas, dari luka yang terbuka di kulit tersebut maka ada celah bagi kuman dan bakteri untuk masuk ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi.

Selain itu kuman dan bakteri tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya lewat pembuluh darah, yang pada akhirnya akan menimbulkan penyakit-penyakit lain yang lebih parah apalagi jika kondisi perlidungan tubuh Anda sedang melemah.


7. Timbulnya Jerawat

Jerawat adalah penyakit yang dapat muncul dimana saja pada kulit tubuh, dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Apalagi jika muncul pada wajah yang menimbulkan terganggunya penampilan hingga berkurangnya rasa percaya diri seseorang.

Munculnya jerawat ini dapat disebabkan oleh kuman yang masuk ke lapisan kulit dalam hidung akibat dari sentuhan langsung dari tangan atau benda lain yang masuk ke dalam hidung. Apalagi ketika jerawat ini pecah, maka rasanya akan sakit dan perih sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada hidung Anda.


Fungsi Dari Bulu Hidung


Bulu hidung memiliki banyak sekali kegunaan, fungsi yang paling utama adalah untuk menyaring udara yang masuk ke dalam hidung yang seterusnya akan menuju ke paru-paru.

Di lingkungan sekitar begitu banyak polusi yang terjadi, berbagai kotoran menyebar di udara. Bulu hidung ini akan meminimalisir masuknya kotoran dan benda asing ke dalam saluran pernafasan kamu.

Sehingga potensi untuk terkena berbagai macam penyakit menjadi berkurang karena partikel yang berbahaya di udara luar tersebut telah tersaring dengan baik di bulu hidung Anda.

Selain itu bulu hidung juga berfungsi untuk membantu melindungi lapisan kulit epidermis luar dari sengatan sinar matahari serta luka lecet maupun luka kecil.

Satu fungsi lainnya yang juga tidak kalah penting adalah sebagai penjaga temperatur dalam hidung Anda.

Kondisi terlalu kering maupun terlalu dingin pada rongga hidung Anda akan terasa tidak nyaman, oleh sebab itu bulu hidung tersebut akan menjaga kelembaban di dalam hidung.


Solusi Bagi Anda yang Memiliki Bulu Hidung Panjang


Cara yang paling mudah jika Anda memiliki bulu hidung yang panjang adalah dengan menggunting secukupnya agar tidak terlalu panjang dan keluar dari rongga hidung Anda. Sehingga tidak akan mengganggu penampilan Anda. Tapi perlu diingat untuk tetap berhati-hati dalam mencukurnya agar tidak melukai permukaan kulit hidung. Sebab lapisan kulit yang ada di dalam hidung sangat sensitif dan mudah terluka. Akan tetapi jika memang tidak merasa terganggu alangkah baiknya jika Anda biarkan saja bulu hidung tersebut.

Nah, demikianlah artikel mengenai fungsi dari bulu hidung yang perlu untuk Anda ketahui serta bahaya dari mencabut bulu hidung. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Bahaya Mencabut Bulu Hidung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel