Thursday, January 18, 2018

Penjelasan Singkat Multiplexer dan Demultiplexer

Penjelasan Singkat Multiplexer dan Demultiplexer - Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan materi kuliah saya sekaligus mengarsipkan apa yang telah saya pelajari di kampus saya. Materi ini adalah Materi dari Mata kuliah Rangkaian Logika. Selanjutnya saya akan mulai menjelaskannya ya.

Pengertian Multiplexer
Multiplexer atau biasa disingkat dengan Mux adalah Rangkaian Logika yang memiliki beberapa jumlah input yang nantinya hanya akan memiliki satu output saja dimana setiap input akan diseleksi oleh yang namanya selector line (n). Untuk menghitung berapa jumlah input multiplexer, maka berlaku rumus berikut :
2n
Keterangan : n adalah jumlah nilai dari  selector linenya

Sebagai contoh Mux 2x1

Tabel Kebenaran

Persamaan Output (Y)

Gambar Rangkaiannya


Pengertian Demultiplexer
Demultiplexer atau singkatannya Demux merupakan kebalikan dari Multiplexer (Mux), dengan kata lain demultiplexer adalah rangkaian logika yang hanya memiliki satu jumlah input dimana nantinya akan menghasilkan dua atau lebih output/keluaran. Demultiplexer merupakan rangkaian yang dapat dipilih outputnya untuk meneruskan data dari inputnya. Berbeda dari multiplexer yang dapat dipilih intputnya.

Selektor input menentukan ke output mana input data akan didistribusikan. Jumlah selektor dilihat dari banyaknya output. Untuk persamaannya, sama seperti Multiplexer (2n) hanya saja pada Demux yang ditentukan adalah Jumlah output melalui rumus ini, bukan jumlah input seperti yang ada di Mux.

Sebagai contoh Mux 2x1

Tabel Kebenaran

Persamaan Output (Y)

Gambar Rangkaian


Sekiranya seperti itulah Penjelasan Singkat tentang Multiplexer dan Demultiplexer. Semoga materi kuliah yang saya bagikan dapat bermanfaat ya. Oh iya jika anda berminat dengan apa yang dimaksud Multiplexer dan Demultiplexer secara lengkap dan mendetail, silahkan download ebooknya dibawah ini :
Terima Kasih.

Artikel Terkait

Penjelasan Singkat Multiplexer dan Demultiplexer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email